Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar


Permendikbud_Tahun 2016_No.24_KI_KD.pdf - 129 KB

Permendikbud_Tahun_2016_No.24_Lampiran_40_PAI_SMA



Kompetensi Inti (KI)
Didalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Dasar disebutkan dalam pasal 2 bahwa Kompetensi inti pada kurikulum 2013 merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas.
Kompetensi inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki peserta didik ketika menyelesaikan pendidikan  pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu. Gambaran mengenai kompetensi inti dikelompokan ke dalam aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Didalam pasal 2 ayat  3 dijelaskan bahwa Kompetensi Inti terdiri atas , kompetensi inti sikap spiritual; kompetensi inti sikap sosial; kompetensi inti pengetahuan; dan kompetensi inti keterampilan.
Keempat Kompetensi Inti tersebut  menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan  harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4)

(2) Kompetensi dasar merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti.
          
  KD (Kompetensi dasar)
Sedangkan pada pada ayat 4 disebutkan Kompetensi dasar pada kurikulum 2013 berisi kemampuan dan materi pembelajaran untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti.
Jadi Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran. Kompetensi Dasar (KD), merupakan penjabaran SK peserta didik yang cakupan materinya lebih sempit dibanding dengan SK peserta didik. Kurikulum 2013:Istilah SK-KD ini akan digantikan menjadi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.

Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. 

Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.Dalam pembuatan perangakat pembelajaran bagi seorang guru, maka yang pertama kali harus dipahami dasar Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah( C_Har)




Labels: INFO PENDIDIKAN

Thanks for reading Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Please share...!

0 Comment for " Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar"

Mantaap

Berlanganan Blog ini

Followers

Back To Top